Wordpress

Custom Pagination WordPress Mudah

Menambahkan Custom Pagination WordPress itu sangatlah mudah, asalkan tahu caranya 🙂 , mungkin saat ini kalian sedang mencari cara untuk membuat pagination pada wordpress, jika iya , kalian sudah berada pada artikel yang tepat!. Kali ini saya akan menjelaskan apa itu Pagination dengan jelas dan bagaimana cara memakainya.

Pagination ini memang adalah cara termudah untuk membuat artikel kalian ditemukan, dan tentunya akan semakin membuat nyaman pengunjung website Anda. Bahkan Pagination bisa dikatakan membuat website Anda lebih SEO-Friendly Lho.

Pasti kalian akan bertanya, bagaimana bisa ? Tenang Saya akan jelaskan kepada Anda bagaimana manfaat dari Pagination ini, maka dari itu baca artikel ini sampai habis ya!

Nah, sebelum masuk ke pembahasan tentang cara dan manfaatnya, mari simak terlebih dahulu pengertian pagination WordPress berikut ini.

Apa itu Pagination WordPress?

Pagination adalah fitur untuk membagi konten website menjadi beberapa halaman agar memudahkan pengunjung melakukan navigasi.

Bayangkan saja jika ada blog , yang dimana kontennya disajikan pada satu halaman penuh. Tentunya pengjung blog tersebut harus scroll terus menerus untuk menemukan artikel yang diinginkan bukan, membayangkannya saja sudah ribet, tentu saja hal ini akan membuat pengunjung blog tersebut malas untuk membaca.

Nah, dengan adanya pagination ini , semua hal ribet yang sebelumnya saya sampaikan bisa dihindari.

Katakanlah secara default, WordPress pagination menentukan satu halaman berisi sepuluh artikel. Artinya, setelah sepuluh artikel tersebut, artikel lain akan ditampilkan pada halaman berikutnya.

Tanpa perlu pengunjung website kita scroll ke bawah, akan disediakan tombol untuk menuju ke halaman berikutnya, ataupun untuk kembali ke halaman sebelumnya. Tombolnya berupa Next , WordPress akan menampilkan menu Next dan Previous atau Older Post di bagian bawah halaman seperti ini:

Jika misal Anda mau mengatur jumlah artikelnya hanya ingin 5 saja dalam 1 halaman.

Anda bisa ikuti cara dibawah ini , Anda bisa mengatur jumlahnya melalui pengaturan di dashboard WordPress. Cukup klik Settings > Reading.

Lalu, ganti jumlah blog yang ditampilkan dengan angka 5 pada Blog pages shot at most

Dengan cara di atas, Anda sudah berhasil mengatur jumlah artikel per halamannya. Lalu selanjutnya bagaimana jika ingin membuat custome Pagination? Agar terlihat lebih menarik dan enak dibaca oleh pengunjung web kita ?

Tenang saja ada caranya kok! , Anda bisa coba gunakan angka , seperti gambar sebelumnya , saya akan perlihatkan gambarnya secara lebih detail dengan konten artikelnya akan terlihat lebih enak dipandang seperti gambar berikut

Wah sampai disini saja Saya yakin Anda mau tahu cara membuatnya kan? Simak terus artikel ini ya

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress

Ada dua metode untuk menambahkan pagination WordPress, yaitu secara manual dan menggunakan plugin. Ayo mulai dari cara manual terlebih dulu. 

1. Metode Manual

Karna cara manual , maka Anda perlu melakukan sedikit coding untuk membuat Pagination WordPress

Metode manual artinya Anda perlu melakukan coding untuk membuat pagination WordPress. Tenang, caranya tidak serumit yang Anda bayangkan, kok. 

WordPress sebenarnya telah menyediakan fungsi yang dapat menampilkan tampilan pagination secara otomatis. Anda hanya perlu menambahkan kode fungsi tersebut pada file tema WordPress Anda. Begini caranya:

  1. Buka Appearance > Theme Editor di dashboard
  2. Pilih file index.php
  3. Cari baris-baris kode berikut ini
  4. Bagi pengguna WordPress versi 4.1 ke atas, setelah baris endwhile tambahkan kode the_post_pagination(); . Sedangkan pengguna versi lama bisa pakai kode berikut: echo paginate_link();

<?php 

if ( have_posts() ) :

while (have_posts() ) : the_post();

get_template_part(‘content’, get_post_format() );

endwhile

Hasilnya, Anda akan melihat tampilan seperti contoh berikut ini. 

2. Menggunakan Plugin Pagination Wordpress

Untuk beberapa orang yang masih awam memang memakai cara manual karna bisa beresiko error jika codingnya salah, oleh sebab itu ada cara lain yaitu menggunakan Plugin karna selain lebih aman, menggunakan plugin juga lebih praktis. Dan inilah beberapa rekomendasi Plugin yang bisa Anda pakai.

1. WP-PageNavi

WP PageNavi adalah plugin pagination yang populer dengan lebih dari 700.000 pengguna . Untuk menggunakannya, Anda bisa menginstal dan mengaktifkan plugin ini dulu. 

Caranya silahkan ke dashboard Anda , lalu klik menu Plugin > Add New. Di bagian kolom pencarian silahkan ketikan WP-PageNavi. Lalu klik Install dan tunggu beberapa saat setelah itu klik Activate

Setelah Plugin Aktif selanjutnya Anda harus mengganti kode default yang ada pada Thema yang Anda gunakan sebagai contoh disini Saya menggunakan Thema Twenty Ten.

Untuk caranya sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Settings > PageNavi
  • Lalu aktifkan settings seperti gambar berikut :

Setelah kode berhasil diganti maka hasilnya akan seperti ini :

Lalu untuk Plugin kedua adalah

2. WP-Paginate

Untuk plugin kedua yang Saya rekomendasikan adalah WP-Paginate,

Dengan plugin ini, Anda bisa mengatur jumlah halaman pagination WordPress, markup dan tampilannya, hingga melakukan custom CSS.

Nah, setelah plugin terinstall dan aktif, Anda bisa melakukan langkah seperti sebelumnya pada plugin pertama. Lalu ikuti petunjuk berikut

WP-Paginate menyediakan empat style pagination WordPress yang bisa Anda pilih: Grey, Blue, Modern Grey. dan Neon Pink.

Jika menurut Anda masih kurang cocok dengan tampilan thema ANda , silahkan bisa gunakan Menu Custom Css

Alasan Kenapa Custome Pagination WordPress Itu Penting?

Meskipun WordPress sudah menyediakan fitur pagination secara default, menggunakan custom pagination memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaatnya

1. Pengunjung lebih mudah menelusuri Website Anda

WordPress Pagination lebih mempermudah pengunjung untuk menelusuri Blog, jika dari bawaan wordpress mungkin hanya ada Next dan Previouse , sedangkan jika di custome kita bisa langsung memilih angka sehingga bisa lompat lebih jauh.

2. Meningkatkan Ranking di Google

Diawal artikel saya sudah menjelaskan bahwa Pagination bisa membantu Ranking SEO website Anda , hal ini ditunjukan pada reset di artikel berikut DISINI , disana dijelaskan bahwa Pagination merupakan cara terbaik untuk SEO website.

Namun, menambahkan pagination WordPress harus benar. Kalau tidak pas, justru akan menyebabkan masalah pada crawling yang menyulitkan robot Google bekerja. Bahkan, bisa memunculkan duplicate content yang merugikan upaya SEO. 

Kesimpulan

Itulah tadi cara menambahkan custom pagination WordPress yang bisa Anda coba. Menambahkan pagination WordPress sangat mudah , jika Anda bisa coding mungkin bisa gunakan cara manual , scriptnya pun cukup mudah, namun jika Anda ingin yang lebih aman memang menggunakan plugin adalah pilihan terbaik.

Custom pagination WordPress itu penting untuk memudahkan pengunjung mengakses website Anda. Pada akhirnya, hal tersebut akan meningkatkan user experience mereka dan sekaligus membantu upaya SEO yang dilakukan. 

Demikian Artikel kali ini , jangan lupa share ya supaya Anda tidak pintar sendirian 🙂 , jika ada pertanyaan silahkan tinggal komentar. Terimakasih

admin

Suka belajar dan bekerja Sangat tertarik pada Development Wordpress , Digital Marketing dan SEO Butuh bantuan bisa hubungi Saya via email bernadus.rossi@gmail.com

Share
Published by
admin

Recent Posts

Apa Itu Categories Dan Tag Pages SEO?

Apa Itu Categories Dan Tag Jika Anda menggunakan website dari WordPress, tentu tidak asing lagi…

4 tahun ago

Cara Optimasi Website WordPress saat Maintenance Mode

Mohon Maaf Saat ini Artikel sedang dalam Tahap Pembuatan

4 tahun ago

Cara Backup Website WordPress dengan Mudah

Mohon Maaf Saat ini Artikel sedang dalam Tahap Pembuatan

4 tahun ago

WordPress Maintenance Mode

Ketika kita ingin memperbaharui website kita secara besar-besaran, akan lebih baik jika Anda menggunakan Wordpress…

4 tahun ago

Cara Menjaga Optimisme Berbisnis Online di Masa Pandemi

Untuk sebagian besar pebisnis, berbisnis online di masa pandemi tak dinyana begitu menantang. Ketidakpastian yang ditimbulkan wabah Covid-19 membuat…

4 tahun ago

Strategi Pemasaran Online untuk Meraih Pasar Lebih Efektif

Target pasar atau audiensi adalah salah satu elemen penting dalam menyusun strategi pemasaran online. Dengan memperhatikan audiensi,…

4 tahun ago

This website uses cookies.