Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Apa Itu Categories Dan Tag Pages SEO?

Apa Itu Categories Dan Tag

Jika Anda menggunakan website dari WordPress, tentu tidak asing lagi dengan keberadaan Categories dan Tag Pages. Lalu apa itu categories dan tag pages seo? Di website tersebut, Anda bisa menemukan keduanya di bagian sidebar kanan ketika sedang menulis atau pun mengedit suatu postingan. 

Pada awalnya, fitur yang yang disediakan oleh WordPress hanya berupa Categories, yakni untuk mengelompokkan artikel. Namun lama-kelamaan, WordPress pun semakin mengalami perkembangan dengan menambahkan fitur baru berupa fitur Tag.

Perlu Anda ketahui bahwa Categories dan Tag Pages SEO ini memiliki peranan yang sangat penting untuk mengorganisasikan konten yang ada di dalam website Anda. Selain itu juga mampu untuk membantu dalam mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO). 

Di dalam sebuah postingan di WordPress, setiap postingannya bisa memiliki dua Tag bahkan lebih. Tetapi, sebuah postingan hanya bisa memiliki satu Category atau dengan topik yang berhubungan dengan artikel lainnya.

Apa Itu Categories?

Secara sederhana, Categories adalah metode yang digunakan untuk mengelompokkan konten di dalam situs WordPress. Categories ini menandakan suatu topik atau sekelompok topik yang saling terhubung satu sama lain di dalam beberapa cara. Sebuah postingan kadang kala bisa memuat beberapa Categories dalam waktu yang bersamaan. Tetapi, hal seperti ini bukanlah ide yang baik untuk menetapkan lebih dari satu Categories di dalam satu postingan.

Lebih penting bagi Anda adalah mengelola secara rapi konten-konten tersebut. Sehingga hal ini akan lebih memudahkan pengunjung untuk membacanya. Categories yang rapi bisa membuat pembaca nyaman dan betah berlama-lama di situs Anda serta tidak ragu untuk mengeksplor apa saja yang ada di dalam situs tersebut.

Pengaplikasi Categories ini bisa Anda lihat saat sedang mengakses situs media online. Di mana pengelola website akan membaginya ke dalam beberapa Categories, seperti Olahraga, Kesehatan, Politik, Kuliner, Travel, Finance, dan sebagainya. Di dalam setiap kategori tersebut haruslah memiliki judul atau nama, struktur URL dari halaman kategori, penjelasan tentang kategori tersebut induk atau bukan, serta memiliki deskripsi.

Apa Itu Tag?

Setelah Anda mengetahui apa itu Categories, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa itu Tag. Tag merupakan mekanisme yang digunakan mengidentifikasi konten dengan melibatkan kata kunci tertentu. Di mana Anda hanya perlu untuk memilih kata-kata yang paling cocok dan bisa memberikan gambaran tentang postingan tersebut. 

Keberadaan Tag ini lebih kepada menjelaskan informasi secara mendalam dan menunjukkan hal yang lebih inti dari postingan. Dengan begitu, perlu bagi Anda untuk memberikan beberapa Tag di dalamnya dengan satu entri blog. Jika Anda mengakses sebuah artikel, maka Tag ini biasanya bisa Anda jumpai pada bagian paling bawah artikel. Misalnya jika Anda membuat artikel mengenai “Apa Itu SEO”, maka Tag yang bisa diberikan seperti “seo, seo dan sem, content marketing, dan digital marketing”.

Baca Juga : Inilah Cara SEO Dasar untuk Pemula

Categories Dan Tag Sebagai Cara Untuk Meningkatkan SEO Website

Hingga saat ini penggunaan SEO masih tergolong efektif, khususnya untuk meningkatkan traffic di sebuah website. Jika teknik SEO dilakukan secara tepat dan mampu untuk menyesuaikan dengan user experience, maka SEO ini cukup baik di dalam upaya menaikkan traffic.

Melalui proses optimalisasi SEO, maka Anda bisa mendapatkan user experience tersebut, Di mana cara ini sangat ampuh di dalam meningkatkan engagement. Sehingga, bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis online dengan menggunakan website, maka hal ini bisa membuat website Anda semakin dikenal dan tentu saja produk maupun jasa yang ditawarkan bisa mendatangkan profit untuk bisnis Anda.

Apalagi sebagian besar pengguna internet sangat percaya dengan mesin pencarian. Apa yang mereka cari dan pertanyakan, maka mesin pencarian adalah solusinya. Sehingga tidak mengherankan jika strategi SEO menjadi andalan agar website Anda bisa muncul di pencarian para pengguna internet.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan SEO website adalah dengan menggunakan fitur Categories dan Tag di dalam WordPress. Jika Anda sebelumnya sudah mengetahui apa itu categories dan tag pages seo?, maka saat ini Anda juga perlu mengetahui peranan pentingnya di dalam meningkatkan SEO website.

Menggunakan WordPress sangatlah memungkinkan bagi Anda untuk mengklasifikasikan konten-konten di website. Caranya adalah dengan menempatkan konten tersebut ke dalam beberapa kategori serta memberikan tag di setiap postingannya. Upaya ini bisa membantu para pembaca untuk menemukan konten yang sedang dicari dengan lebih cepat dan mudah. Bahkan juga membantu mesin pencarian untuk menentukan struktur dan konten dari website Anda.

Cara Membuat Categories Di WordPress

Untuk membuat Categories yang baru di WordPress, Anda bisa terlebih dahulu membuka menu Post lalu Categories di halaman admin WordPress. Jika Anda sudah membuka menu tersebut, setelah itu Anda akan ditunjukkan pada suatu halaman untuk membuat Categories. 

Apa Itu Categories Dan Tag

Di bagian kiri halaman, Anda bisa melihat tan untuk membuat kategori baru. Isilah nama kategori, kemudian slug sebagai URL kategori, kemudian klik tombol Add New Category. Dengan beberapa langkah sederhana tersebut, Anda sudah bisa membuat kategori baru.

Anda juga bisa membuat sub kategori dari kategori utama di WordPress dengan Plugins. Di mana Anda harus mengisikan nama dan slug dengan plugins terlebih dahulu. Hal ini sama seperti saat Anda membuat kategori yang utama. Hanya untuk membuat sub kategori, Anda perlu memilih menu Scroll Bar pada bagian Parent. Lalu klik tombol Add New Category untuk menyimpan sub kategori yang baru.

Cara Membuat Tag Di WordPress

Mengetahui apa itu categories dan tag pages seo? Saja tidak cukup. Anda juga harus mengetahui bagaimana caranya membuat Tag di WordPress. Cara ini juga tergolong mudah dan bahkan ada dua cara yang bisa dipilih.

Categories Dan Tag

Pertama, dengan membuka menu Post lalu Add New di dashboard admin. Lalu pada bagian kanan carilah The Tags Box. Anda bisa mengisikan Tag yang akan ditambahkan. Setiap Tag yang Anda masukkan bisa dipisahkan dengan tanda koma.

Kedua, menambahkan Tag ke postingan blog yang sudah Anda publikasikan. Caranya adalah dengan membuka menu Posts lalu Tags di dashboard admin. Kemudian isikan Tag yang baru di kolom nama. Dan tambahkan slug ke Tag-nya. Dengan mengetahui apa itu categories dan tag pages seo? Serta cara membuatnya, maka Anda pun bisa langsung mengaplikasikannya di WordPress untuk meningkatkan SEO di website Anda.

Kesimpulan

Dengan Anda membuat Tag dan Kategori pada setiap postingan Website Anda, secara tidak langsung hal ini bisa meningkan optimasi pada Website Anda , oleh karna itu jangan sampai melewatkan setting ini.

Demikian Artikel tentang Tag dan Categories Page SEO , semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda!

Apa Itu Categories Dan Tag Pages SEO? Read More »

WordPress Maintenance Mode

Ketika kita ingin memperbaharui website kita secara besar-besaran, akan lebih baik jika Anda menggunakan WordPress Maintenance Mode terlebih dahulu. Fungsi Mode ini adalah untuk menginformasikan kepada pengunjung website Anda bahwa website Anda tidak bisa diakses dikarenakan sedang ada pembaharuan besar-besaran.

Dan pada artikel kali ini Saya akan menjelaskan pengertian maintenance mode dan cara mengaktifkannya. Saya juga akan menjelaskan cara mengedit halamannya, dan cara mengaktifkannya. Saya juga akan menjelaskan cara mengedit halaman pesan maintenance agar terlihat lebih menarik.  Kemudian, kami menyertakan tips dan langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk melakukan maintenance WordPress.

Apa Itu WordPress Maintenance Mode?

WordPress maintenance mode adalah visual yang ditampilkan untuk memberi tahu pengunjung bahwa website Anda saat ini sedang dalam mode maintenance. Halaman maintenance berfungsi menggantikan halaman website Anda yang sedang dilakukan perbaikan. DI halaman maintenance tidak hanya menampilkan tulisan namun Anda juga bisa menampilkan waktu perbaikannya dan kapan akan selesai.

Selama proses ini berlangsung, WordPress akan menggunakan fungsi wp_maintenance dan membuat file .maintenance yang memuat pesan maintenance. Setelah proses ini berakhir, WordPress akan menghapus file tersebut, dan website Anda kembali normal seperti sediakala.

Kapan Waktu untuk menggunakan Mode Maintenance ?

Mode ini sangat cocok diaktifkan jika website Anda sedang melakukan perubahan besar-besaran seperti, Mengubah tema, menginstal fitur baru, atau menambahkan layanan baru kemungkinan besar akan menyebabkan downtime pada website. Alhasil, pengunjung pun tidak bisa mengakses website untuk sementara. Pada saat inilah mode ini berperan penting.

Dan Anda tidak perlu mengaktifkan maintenance mode setiap kali hendak memperbarui sesuatu di WordPress, misalnya memperbarui konten, memperbaiki minor bug, atau mengubah skema warna.

Pada umumnya semakin lama umur website dan semakin banyaknya traffic maka semakin banyak juga hal yang perlu di update dari website Anda untuk tetap menarik minat pengunjung ataupun untuk merapikan kembali website Anda.

Apakah Ada Efek Samping dari WordPress Maintenance ?

Efeknya WordPress akan membuat halaman default untuk memberi tahu para pengunjung situs bahwa proses maintenance sedang berlangsung. Pada umumnya, halaman ini memiliki tampilan berwarna putih dengan teks yang bertuliskan, “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.”

Menurut sebagian besar pengunjun tampilan halaman ini kurang menyenangkan untuk dilihat. Dan ini akan berkesan bahkan bisa mempengaruhi bisnis online Anda, yang berimbas kesan kurang baik dari pelanggan. Bahkan beberapa pengunjung website tidak peduli dengan apa yang terjadi pada web Anda, karna itulah penting untuk mengaktifkan wordrpess maintenance mode.

Alasan Harus Mengaktifkan Maintenance Mode di WordPress.

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya , WordPress Maintenance Mode ini berfungsi untuk memberi tahu pengunjung atau pelanggan bahwa website Anda sedang dilakukan Maintenance. Hal ini untuk memberikan kesan profesional dan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung, selain itu juga bisa mencegah pengunjung atau pelanggan Anda kecewa dan berpaling ke website lain.

Dan di artikel ini Saya akan menjelaskan cara mengaktifkan Maintenance Mode di WordPress dan cara untuk mengubah tampilannya agar lebih menarik.

Anda akan mempelajari cara menambahkan estimasi waktu hingga website kembali online, link aktif, bahkan chatbot untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau pengunjung. Anda juga akan mempelajari cara mengalihkan pengunjung ke website lain selama maintenance berlangsung.

Berikut Cara Mengatur Website ke WordPress Maintenance Mode

Cara 1 – Instal Plugin Maintenance WordPress

Untuk cara ini sangatlah mudah, karna cara ini diperuntukan untuk orang yang ingin mengaktifkan maintenance mode tanpa perlu mengutak-atik kode. Pertama, download dan install Plugin WP Maintenance Mode. Setelah Pluginnya aktif, konfigurasinya bisa seperti gambar berikut, pilih Setting -> WP Maintenance Mode

Di halaman pengaturan, ada 5 tab yang tersedia: General, Design, Modules, Manage Bot, dan GDPR. 

Akan saya bahas 5 tab pengaturan ini satu per satu.

General

Pada tab ini, terdapat kolom Status yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan plugin dan maintenance mode WordPress. Untuk melakukannya, atur Status ke Activated. Di bawah opsi Status, terdapat fitur Bypass for Search Bots. Jika opsi ini diatur ke Yes, mesin pencari bisa mengakses website selama proses maintenance berjalan.

Untuk menetapkan peran pengguna yang bisa mengakses backend situs selama mode maintenance aktif, gunakan opsi Backend Role dan Frontend Role. Jika peran ini tidak ditetapkan, situs Anda hanya akan bisa diakses oleh Administrator.

Design

Di tab Design, Anda bisa membuat halaman mode maintenance yang lebih menarik. Untuk membuat halaman ini, pilih opsi Title (HTML tag). Tambahkan judul halaman beserta Heading dan Teks.

Setelah menambahkan hal-hal yang sekiranya perlu, ubah atau ganti latar belakang halaman. Misalnya, ubah warnanya atau mungkin gunakan gambar untuk latar belakang.

Modules

Atur penghitung waktu mundur di tab ini. Tentukan waktu mulai dan waktu yang tersisa. Anda juga bisa mengaktifkan pesan yang meminta para pengunjung untuk berlangganan agar mendapatkan notifikasi ketika website sudah kembali online.

Opsi berikutnya di tab Modules memungkinkan Anda mengonfigurasikan media sosial. Masukkan link akun media sosial Anda, kemudian plugin akan menampilkan ikon media sosial secara otomatis di halaman pemberitahuan maintenance.

Manage Bot

Di tab ini, Anda bisa menambahkan chatbot ke halaman pemberitahuan maintenance. Dengan demikian, Anda bisa terus berinteraksi dan berkomunikasi dengan para pelanggan selama proses maintenance. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa menamai bot tersebut dan menambahkan avatar.

GDPR

Atur opsi di tab GDPR jika Anda ingin pengunjung berlangganan di halaman mode maintenance. GDPR sendiri merupakan singkatan dari General Data Protection Regulation, atau Peraturan Perlindungan Data Umum. Karena Anda akan mengumpulkan data pengunjung, opsi ini harus diaktifkan.

Setelah semuanya selesai, pilih Save settings dan cek website.

Jika menggunakan settingan bawaan hasilnya kira-kira akan seperti gambar diatas.

Cara 2 – Menggunakan Custome functions.php

Untuk cara kedua ini mengharuskan Anda mengedit functions.php , jadi disarankan sebelum melakukan update , sebaiknya Anda membackup dahulu wordpress Anda untuk keamanan.

Baca Juga : Cara Backup Website WordPress dengan Mudah

Masih ingat bukan jika kita sedang melakukan update thema atau plugin biasanya wordpress mengaktifkan mode maintenance secara otomatis. Nah Anda pun bisa mengaktifkan mode maintenance wordpress secara manual dan mengcustomnya sesuka hati tanpa perlu menggunakan plugin , untuk caranya silahkan tambahkan coding berikut ke functions.php pada theme editor :

// Activate WordPress Maintenance Mode
function wp_maintenance_mode() {
if (!current_user_can('edit_themes') || !is_user_logged_in()) {
wp_die('<h1>Under Maintenance</h1><br />Website under planned maintenance. Please check back later.');
}
}
add_action('get_header', 'wp_maintenance_mode');

Ganti teks di dalam tanda petik pada baris 4 agar pesan maintenance tidak terkesan terlalu kaku. Umumnya hasilnya seperti gambar dibawah.

Cara 3 – Menggunakan File .htaccess

Anda harus memodifikasi file .htaccess untuk melakukan metode ini. Oleh karena itu, back up file .htaccess terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika memutuskan untuk melakukan metode ini, perlu diketahui bahwa dashboard admin tidak akan bisa diakses karena semua permintaan akan dialihkan ke file maintenance.html.

Langkahnya , silahkan cari file .htaccess di directory website Anda. lalu rename atau ubah nama filenya menjadi .htaccess-off , setelah itu silahkan membuat file baru .htaccess , dan silahkan masukan kode berikut :

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/maintenance\.html$
RewriteRule ^(.*)$ https://example.com/maintenance.html [R=307,L]

Gunakan file pesan maintenance di direktori website untuk membuat maintenance.html. Isikan maintenance.html dengan kode

// Activate WordPress Maintenance Mode
function wp_maintenance_mode() {
if (!current_user_can('edit_themes') || !is_user_logged_in()) {
wp_die('<h1>Under Maintenance</h1><br />Website under planned maintenance. Please check back later.');
}
}
add_action('get_header', 'wp_maintenance_mode');

Nah itu dia metode yang bisa Anda coba untuk membuat Maintenance Mode pada wordpress Anda , Selain menggunakan metode yang sudah disebutkan di atas, kami juga memiliki tips maintenance yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan performa website WordPress. Silahkan bisa Anda baca juga Cara Optimasi Website WordPress saat Maintenance Mode.

Demikian artikel cara WordPress Maintenance Mode jika Anda ada pertanyaan terkait hal yang kurang jelas dari artikel atau apapun terkait wordpress, dan juga jika ingin request artikel silahkan tinggalkan komentar atau bisa email ke [email protected] dengan subject REQUEST ARTIKEL. Jangan lupa share ya agar Anda tidak pinter sendirian.

WordPress Maintenance Mode Read More »

Custom Pagination WordPress Mudah

Menambahkan Custom Pagination WordPress itu sangatlah mudah, asalkan tahu caranya 🙂 , mungkin saat ini kalian sedang mencari cara untuk membuat pagination pada wordpress, jika iya , kalian sudah berada pada artikel yang tepat!. Kali ini saya akan menjelaskan apa itu Pagination dengan jelas dan bagaimana cara memakainya.

Pagination ini memang adalah cara termudah untuk membuat artikel kalian ditemukan, dan tentunya akan semakin membuat nyaman pengunjung website Anda. Bahkan Pagination bisa dikatakan membuat website Anda lebih SEO-Friendly Lho.

Pasti kalian akan bertanya, bagaimana bisa ? Tenang Saya akan jelaskan kepada Anda bagaimana manfaat dari Pagination ini, maka dari itu baca artikel ini sampai habis ya!

Nah, sebelum masuk ke pembahasan tentang cara dan manfaatnya, mari simak terlebih dahulu pengertian pagination WordPress berikut ini.

Apa itu Pagination WordPress?

Pagination adalah fitur untuk membagi konten website menjadi beberapa halaman agar memudahkan pengunjung melakukan navigasi.

Bayangkan saja jika ada blog , yang dimana kontennya disajikan pada satu halaman penuh. Tentunya pengjung blog tersebut harus scroll terus menerus untuk menemukan artikel yang diinginkan bukan, membayangkannya saja sudah ribet, tentu saja hal ini akan membuat pengunjung blog tersebut malas untuk membaca.

Nah, dengan adanya pagination ini , semua hal ribet yang sebelumnya saya sampaikan bisa dihindari.

Katakanlah secara default, WordPress pagination menentukan satu halaman berisi sepuluh artikel. Artinya, setelah sepuluh artikel tersebut, artikel lain akan ditampilkan pada halaman berikutnya.

Tanpa perlu pengunjung website kita scroll ke bawah, akan disediakan tombol untuk menuju ke halaman berikutnya, ataupun untuk kembali ke halaman sebelumnya. Tombolnya berupa Next , WordPress akan menampilkan menu Next dan Previous atau Older Post di bagian bawah halaman seperti ini:

Pagination WordPress Mudah

Jika misal Anda mau mengatur jumlah artikelnya hanya ingin 5 saja dalam 1 halaman.

Anda bisa ikuti cara dibawah ini , Anda bisa mengatur jumlahnya melalui pengaturan di dashboard WordPress. Cukup klik Settings > Reading.

Custome Pagination WordPress

Lalu, ganti jumlah blog yang ditampilkan dengan angka 5 pada Blog pages shot at most

Dengan cara di atas, Anda sudah berhasil mengatur jumlah artikel per halamannya. Lalu selanjutnya bagaimana jika ingin membuat custome Pagination? Agar terlihat lebih menarik dan enak dibaca oleh pengunjung web kita ?

Tenang saja ada caranya kok! , Anda bisa coba gunakan angka , seperti gambar sebelumnya , saya akan perlihatkan gambarnya secara lebih detail dengan konten artikelnya akan terlihat lebih enak dipandang seperti gambar berikut

Custome Pagination WordPress

Wah sampai disini saja Saya yakin Anda mau tahu cara membuatnya kan? Simak terus artikel ini ya

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress

Ada dua metode untuk menambahkan pagination WordPress, yaitu secara manual dan menggunakan plugin. Ayo mulai dari cara manual terlebih dulu. 

1. Metode Manual

Karna cara manual , maka Anda perlu melakukan sedikit coding untuk membuat Pagination WordPress

Metode manual artinya Anda perlu melakukan coding untuk membuat pagination WordPress. Tenang, caranya tidak serumit yang Anda bayangkan, kok. 

WordPress sebenarnya telah menyediakan fungsi yang dapat menampilkan tampilan pagination secara otomatis. Anda hanya perlu menambahkan kode fungsi tersebut pada file tema WordPress Anda. Begini caranya:

  1. Buka Appearance > Theme Editor di dashboard
  2. Pilih file index.php 
  3. Cari baris-baris kode berikut ini 
  4. Bagi pengguna WordPress versi 4.1 ke atas, setelah baris endwhile tambahkan kode the_post_pagination(); . Sedangkan pengguna versi lama bisa pakai kode berikut: echo paginate_link();

<?php 

if ( have_posts() ) :

while (have_posts() ) : the_post();

get_template_part(‘content’, get_post_format() );

endwhile

Hasilnya, Anda akan melihat tampilan seperti contoh berikut ini. 

2. Menggunakan Plugin Pagination Wordpress

Untuk beberapa orang yang masih awam memang memakai cara manual karna bisa beresiko error jika codingnya salah, oleh sebab itu ada cara lain yaitu menggunakan Plugin karna selain lebih aman, menggunakan plugin juga lebih praktis. Dan inilah beberapa rekomendasi Plugin yang bisa Anda pakai.

1. WP-PageNavi

Custome Pagination WordPress

WP PageNavi adalah plugin pagination yang populer dengan lebih dari 700.000 pengguna . Untuk menggunakannya, Anda bisa menginstal dan mengaktifkan plugin ini dulu. 

Caranya silahkan ke dashboard Anda , lalu klik menu Plugin > Add New. Di bagian kolom pencarian silahkan ketikan WP-PageNavi. Lalu klik Install dan tunggu beberapa saat setelah itu klik Activate

Setelah Plugin Aktif selanjutnya Anda harus mengganti kode default yang ada pada Thema yang Anda gunakan sebagai contoh disini Saya menggunakan Thema Twenty Ten.

Untuk caranya sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Settings > PageNavi
  • Lalu aktifkan settings seperti gambar berikut :
Custome Pagination WordPress

Setelah kode berhasil diganti maka hasilnya akan seperti ini :

Custome Pagination WordPress

Lalu untuk Plugin kedua adalah

2. WP-Paginate

WP-Paginate

Untuk plugin kedua yang Saya rekomendasikan adalah WP-Paginate,

Dengan plugin ini, Anda bisa mengatur jumlah halaman pagination WordPress, markup dan tampilannya, hingga melakukan custom CSS.

Nah, setelah plugin terinstall dan aktif, Anda bisa melakukan langkah seperti sebelumnya pada plugin pertama. Lalu ikuti petunjuk berikut

WP-Paginate

WP-Paginate menyediakan empat style pagination WordPress yang bisa Anda pilih: Grey, Blue, Modern Grey. dan Neon Pink.

Jika menurut Anda masih kurang cocok dengan tampilan thema ANda , silahkan bisa gunakan Menu Custom Css

Custome css

Alasan Kenapa Custome Pagination WordPress Itu Penting?

Meskipun WordPress sudah menyediakan fitur pagination secara default, menggunakan custom pagination memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaatnya

1. Pengunjung lebih mudah menelusuri Website Anda

WordPress Pagination lebih mempermudah pengunjung untuk menelusuri Blog, jika dari bawaan wordpress mungkin hanya ada Next dan Previouse , sedangkan jika di custome kita bisa langsung memilih angka sehingga bisa lompat lebih jauh.

2. Meningkatkan Ranking di Google 

Diawal artikel saya sudah menjelaskan bahwa Pagination bisa membantu Ranking SEO website Anda , hal ini ditunjukan pada reset di artikel berikut DISINI , disana dijelaskan bahwa Pagination merupakan cara terbaik untuk SEO website.

Namun, menambahkan pagination WordPress harus benar. Kalau tidak pas, justru akan menyebabkan masalah pada crawling yang menyulitkan robot Google bekerja. Bahkan, bisa memunculkan duplicate content yang merugikan upaya SEO. 

Kesimpulan

Itulah tadi cara menambahkan custom pagination WordPress yang bisa Anda coba. Menambahkan pagination WordPress sangat mudah , jika Anda bisa coding mungkin bisa gunakan cara manual , scriptnya pun cukup mudah, namun jika Anda ingin yang lebih aman memang menggunakan plugin adalah pilihan terbaik.

Custom pagination WordPress itu penting untuk memudahkan pengunjung mengakses website Anda. Pada akhirnya, hal tersebut akan meningkatkan user experience mereka dan sekaligus membantu upaya SEO yang dilakukan. 

Demikian Artikel kali ini , jangan lupa share ya supaya Anda tidak pintar sendirian 🙂 , jika ada pertanyaan silahkan tinggal komentar. Terimakasih

Custom Pagination WordPress Mudah Read More »

berbisnis pandemi di masa pandemi

Cara Menjaga Optimisme Berbisnis Online di Masa Pandemi

Untuk sebagian besar pebisnis, berbisnis online di masa pandemi tak dinyana begitu menantang. Ketidakpastian yang ditimbulkan wabah Covid-19 membuat perekonomian sempat goyah dan lumpuh untuk sementara waktu. Alhasil, pelaku bisnis harus mengambil tindakan cepat untuk menyelamatkan usaha sebelum kolaps atau mengalami kebangkrutan.

Baca Juga : Kuasai 4 Skill Ini , Agar Anda Bisa Berkarir di Bidang Content Marketing

Tetap bertahan di tengah masa kritis

berbisnis online di masa pandemi

Cemas, gelisah, dan stres hampir dirasakan semua kalangan sejak wabah Covid-19 menyebar di seluruh dunia. Namun, Anda harus ingat peristiwa tersebut bukan akhir dari segalanya. Peluang untuk menjalankan bisnis di tengah masa kritis masih tetap ada walaupun perubahan yang harus dilakukan.

Supaya optimisme dalam berbisnis online di masa pandemi kembali bangkit, simak beberapa tip praktis berikut ini!

Luangkan waktu untuk menenangkan diri

Setiap orang mempunyai masing-masing metode untuk menenangkan diri, termasuk saat mereka menghadapi situasi tak terduga. Tak ada salahnya Anda mengambil jeda dari bisnis untuk beradaptasi dengan situasi saat ini. Kemudian, lakukan kegiatan-kegiatan yang menurut Anda bisa membuat pikiran maupun tubuh lebih relaks. Entah dengan berolahraga, jalan kaki, mengurus hewan peliharaan, atau sekadar tidur siang secara rutin.

Jangan terlalu lama sendirian

Beberapa orang memilih menyendiri di masa pandemi untuk meredakan ‘guncangan’ diri. Namun, pastikan Anda tak mengisolasi diri terlalu lama, karena hal tersebut malah akan membuat kecemasan dan stres kembali merangkak. Jika ingin segera berbisnis online di masa pandemi, kelilingi diri bersama orang-orang yang menurut Anda memberikan dampak positif. Energi tersebut dipercaya akan memotivasi Anda untuk memulai kehidupan baru di tengah wabah Covid-19.

Mengembalikan fokus pada tujuan berbisnis

Sebelum merencanakan strategi atau perubahan, fokuskan lagi tujuan Anda saat memulai bisnis online tersebut. Apa saja target-target yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu, terutama saat pandemi memaksa para pebisnis memutar otak agar dapurnya tetap ngebul. Dengan mengetahui tujuan berbisnis online di masa pandemi, Anda akan lebih siap melancarkan strategi baru yang akan membawa profit sekaligus membantu konsumen yang membutuhkan.

Kreatif sekaligus empati dalam berbisnis

Jangan jadikan wabah Covid-19 sebagai halangan Anda berkreasi. Justru Anda harus mampu berbisnis dengan memanfaatkan celah atau peluang baru yang muncul. Sebagai contoh, membuat masker kain yang reusable dan aman digunakan. Kalau belum mampu memproduksi, Anda bisa menyertakan bonus seperti sabun anti-septic atau hand sanitizer pada pembelian tertentu. Langkah ini secara tak langsung menunjukkan kepedulian Anda pada kesehatan konsumen.

Mengikuti komunitas bisnis online

Digitalisasi yang berkembang pesat selama masa pandemi melahirkan berbagai komunitas untuk berbagi ilmu maupun pengalaman. Anda yang belum bisa bepergian jauh dapat bergabung dengan komunitas khusus yang membahas topik berbisnis online di masa pandemi. Di sini, Anda bukan hanya berkesempatan menggali informasi-informasi penting, melainkan juga bertemu rekan sesama pebisnis hingga klien potensial.

Tidak buru-buru mengambil tindakan

Di tengah situasi yang tak pasti, tergesa-gesa mengambil tindakan justru akan membahayakan prospek bisnis Anda. Lakukan riset terlebih dulu mengenai tren bisnis yang digemari masyarakat luas selama pandemi, lalu rancang strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis online Anda. Pastikan juga Anda menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya konsumen kini memprioritaskan kebersihan dari produk yang mereka pesan secara online.

Panduan berbisnis online di masa pandemi

Selain memompa optimisme, jangan lupakan juga pengelolaan bisnis Anda supaya tak mudah terguncang. Panduan di bawah ini bisa dipraktikkan untuk memulai berbisnis online di masa pandemi.

Transparan kepada pekerja dan konsumen

Perubahan-perubahan yang Anda lakukan pasti akan mengejutkan pekerja maupun konsumen. Untuk mencegah kesalahpahaman, bagikan perencanaan, strategi, maupun informasi lain yang terasa berat, salah satunya memberhentikan sejumlah pekerja untuk memangkas pengeluaran.

Berusaha transparan setidaknya membuat pekerja dan konsumen dapat mempersiapkan diri agar mereka tidak kaget saat bertransaksi. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui reaksi mereka terhadap perubahan-perubahan tersebut.

Memoles media sosial atau situs bisnis Anda

Sejumlah pebisnis melakukan rebranding untuk beradaptasi dengan New Normal. Sebelum mengaktifkan lagi kegiatan berbisnis online di masa pandemi, Anda bisa luangkan waktu untuk memoles media sosial atau situs yang digunakan untuk memasarkan produk.

Langkah ini pun akan meningkatkan peluang Anda bertahan. Pasalnya, bisnis online semakin diminati para pemula yang mencari mata pencaharian baru. Masyarakat pun mengandalkannya untuk membeli sejumlah produk esensial tanpa harus keluar rumah.

Melakukan perombakan pada manajemen keuangan

Pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pemasukan adalah salah satu masalah yang dihadapi kebanyakan pebisnis, tak terkecuali mereka yang menjalankan bisnis online. Perombakan terhadap manajemen keuangan bisa dilakukan untuk menstabilkan kondisi keuangan Anda.

Anda yang tak mau mengambil pinjaman atau berutang bisa memangkas kas-kas tertentu. Contohnya, menghentikan produksi barang atau menu yang kurang diminati. Menyediakan produk yang dibutuhkan konsumen pun bisa diterapkan dalam berbisnis online di masa pandemi.

Menonjolkan Unique Seling Porposition bisnis

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, mengenal Unique Selling Proposition atau USP pada bisnis bakal membantu Anda menemukan produk yang potensial dijual. Tak hanya itu, USP akan memudahkan konsumen mengingat produk dan bersaing dengan para kompetitor.

Setidaknya ada tiga hal yang patut Anda perhatikan saat membuat USP. Antara lain peluangnya untuk dipertahankan, memfokuskan produk untuk kebutuhan konsumen, dan kemampuan produk dalam melaksanakan tujuan yang sudah ditargetkan.

Tetap mengevaluasi bisnis yang Anda jalankan

Evaluasi justru semakin penting dalam berbisnis online di masa pandemi. Jangan kecewa atau sampai stres apabila Anda mendapati penurunan omzet. Hal ini masih wajar karena perekenomian sempat lesu. Justru dari sini, Anda harus merasa tertantang untuk meningkatkannya.

Adapun hal-hal penting yang perlu Anda evaluasi secara berkala. Di antaranya uang kas, prediksi jumlah penjualan, strategi pemasaran beserta dampaknya, performa karyawan, serta total anggaran yang dibutuhkan untuk menggerakkan bisnis untuk beberapa bulan ke depan.

Tentunya agar Anda bisa bangkit di masa pandemi ini saya memiliki rekomendasi online course untuk membangun bisnis online dengan system list building. Apa itu list building ? List Building Mastery (LBM) adalah online course untuk membantu pemula atau pebisnis membangun list dan database customer-nya dan menghasilkan income dari list tersebut. Informasi lengkap tentang list building dan bagaimana cara mendaftarnya bisa Anda cek di link berikut ListBuildingMastery.

Itulah tips yang bisa Anda jadikan pegangan agar kembali optimis mengatur bisnis online walau situasinya belum stabil. Berbisnis online di masa pandemi justru akan membantu negara agar tak terlalu lama terpuruk dan dapat menyejahterahkan lagi kehidupan masyarakat. 

Cara Menjaga Optimisme Berbisnis Online di Masa Pandemi Read More »

Strategi Pemasaran Online

Strategi Pemasaran Online untuk Meraih Pasar Lebih Efektif

Target pasar atau audiensi adalah salah satu elemen penting dalam menyusun strategi pemasaran online. Dengan memperhatikan audiensi, Anda sebagai pelaku bisnis akan lebih mudah dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai dengan niche produk. Selain itu, pengeluaran untuk memasang iklan virtual pun dapat ditekan.

Sebagai contoh, disitat dari Tammy Duggan-Herd, Campaign Creators yang merupakan firma pemasaran digital mengalami kenaikan trafik organik hingga 744% dalam jangka waktu 12 bulan berkat perubahan strategi dengan menggunakan konten berbasis audiensi. Anda bisa saja menjadi pebisnis berikutnya yang mendapatkan keuntungan tersebut apabila mulai memperhatikan target pasar saat merancang strategi pemasaran online.

Baca Juga : Cara Memenangkan Persaingan di Bisnis Online

Manajemen data sebagai kunci kesuksesan Strategi Pemasaran Online

Strategi Pemasaran Online

Heather Jackson selaku manajer pemasaran dan penjualan JAC Advertising Consultans mengungkapkan bahwa pemakaian platform manajemen data akan membantu pebisnis melacak kebiasaan konsumen melalui cookies. Bahkan perusahaan teknologi sebesar Facebook dan Google memanfaatkan platform tersebut untuk mengetahui audiensi yang sesuai dengan klien mereka.

Kemudian, kepala bagian produk Buyer Genomics Stephen Yu menambahkan bila penargetan individual yang mencakup demografi, perilaku online, riwayat pembayaran, pembelian berulang, hingga loyalitas akan membantu pebisnis menentukan audiensi yang tepat. Informasi-informasi tersebut dapat Anda kumpulkan melalui engagement di media sosial maupun marketplace.

Tak sampai di situ, strategi pemasaran online yang ditujukan untuk memperluas pasar harus diterapkan secara berkala. Langkah tersebut dianggap penting dalam pemasaran digital, karena semua konten yang Anda unggah bersifat temporer dan harus selalu diperbarui. Dengan begitu, bisnis tetap relevan dan bisa Anda kembangkan secara signifikan.

Strategi yang tepat untuk memperluas target pasar

Strategi Bisnis Online

Setelah mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, apa saja langkah selanjutnya yang harus Anda praktikan? Simak panduannya berikut ini!

  1. Perluas jangkauan dengan In-Market Audiences

In-Market Audience adalah salah satu produk Google yang membantu Anda dalam memperluas jangkauan pasar. Kim Smith, manajer konten pemasaran GoodFirms, mengatakan produk tersebut bisa menunjang Anda menemukan konsumen yang sudah terbiasa mencari, membandingkan, hingga merencanakan pembelian sebelum menyusun strategi pemasaran online.

Selain itu, founder Conversion Hut, Dale Broadhead, memanfaatkan laporan dari Google Analytics untuk mendapatkan performa terbaik dari Affinity Categories dan In-Market Segments. Jadi, mereka bisa menentukan iklan dan mengirimkan pesan berdasarkan audiensi yang ditargetkan.

  1. Lakukan remarketing dengan Google Ads

Jangan remehkan Google Ads untuk mengembangkan pasar secara efektif. Pada Google Ads Editor, Anda bisa mengunduh, meninjau, maupun menetapkan audiensi yang sudah ada. Kemudian, Anda bisa memulai proses remarketing sesuai jenis kampanye, mendesain daftar kombinasi, membuat life events, sampai menyusun kategori sesuai minat.

Fitur-fitur pada Google Ads memungkinkan para marketer untuk melakukan berbagai strategi pemasaran online, termasuk membandingkan jenis kampanye yang paling efektif. Remarketing dengan Google Ads pun dianggap membantu pebisnis kecil untuk terhubung dengan konsumen.

  1. Manfaatkan Facebook untuk retargeting audiensi

Terlepas dari kekurangan dari segi privasi, Facebook masih menyimpan potensi besar untuk memajukan bisnis online. Salah satu fitur inti pada platform ini justru memudahkan pelaku bisnis menemukan target pasar atau audiensi berdasarkan preferensi yang telah ditentukan. Alhasil, Anda bisa membuat konten dan iklan yang dihargai para konsumen.

Durasi turut mempengaruhi perencanaan strategi pemasaran onlinedi Facebook. Singkatnya perhatian yang diberikan pengguna membuat media seperti video direkomendasikan untuk promosi supaya semua informasi yang ingin dibagikan dapat sampai secara menyeluruh.

  1. Gunakan LinkedIn untuk meriset kata kunci

Mike Grill selaku penyusun strategi SEO di Anvil Media mengutarakan bahwa profesi atau job title yang mereka targetkan di LinkedIn ternyata dapat menghasilkan daftar kata kunci atau keyword yang bisa dimanfaatkan untuk menguatkan konsep kampanye. Hal tersebut menjadikan LinkedIn sebagai platform alternatif yang menjanjikan untuk Anda.

Kebanyakan pebisnis mengabaikan LinkedIn dan platform-platform sejenis karena dianggal terlalu serius dan biasa saja. Kenyataannya, LinkedIn menawarkan layanan yang memungkinkan mereka untuk menguji perpesanan, kampanye, hingga menjangkau audiensi secara efisien.

  1. Tetap memprioritaskan SEO untuk pemasaran

Menurut Ade Holder, konsultan digital markering di 427 Marketing, SEO organik adalah strategi pemasaran onlineterbaik untuk menjangkau audiensi. Pasalnya kemungkinannya memperlihatkan hasil yang dibutuhkan kepada konsumen terbilang sangat cepat. Jika bisnis Anda muncul pada posisi tertinggi dari segi relevansi, bisa dipastikan konsumen cukup aktif mencarinya di search engine.

Kemudian, pencarian pun sering kali jadi tanda adanya minat terhadap pembelian sesuai demografi dan selera yang dipasang pada iklan Anda. Dengan begitu, produk bisnis Anda akan segera muncul meski konsumen baru mengetikkan keyword.

  1. Tambahkan chatbot pada perencanaan Anda

Chatbot belakangan menjadi tren di kalangan pebisnis online karena mampu membantu bahkan menggantikan tugas customer service. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan chatbot dalam strategi pemasaran online untuk mengumpulkan informasi dari konsumen. Hal ini disebabkan chatbot menjawab pertanyaan konsumen berdasarkan keyword yang masuk.

Di sisi lain, tim analis pemasaran pun harus mengontrol keputusan-keputusan yang ditentukan algoritme chatbot. Jadi, algoritme dapat ‘dilatih’ untuk memberikan jawaban yang tepat bagi para konsumen yang sedang mencari produk atau layanan.

  1. Memulai pelacakan terhadap konsumen

Menambahkan event tracking pada website Anda akan membantu meninjau interaksi konsumen. Jadi, Anda bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk membangun performa online yang lebih efektif. Sejumlah perusahaan pemasaran bahkan bisa ‘menangkap’ ID ponsel dan memperlihatkan iklan berdasarkan letak geografi.

Smartschan adalah salah satu perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran onlineini. Pada 2019, mereka mempunyai target untuk mempengaruhi teknologi B2C, terutama geotargeting dan geofencing, untuk memenuhi prospek B2B berdasarkan lokasi fisik.

Selain tujuh strategi di atas, Anda pun harus selalu memantau perkembangan teknologi yang kian pesat setiap tahunnya. Bahkan pelaku bisnis harus mampu berpikir selangkah lebih maju, seperti yang dilakukan Marie Lamonde dari DashThis. Spesialis pemasaran tersebut mengungkapkan bila dia tertarik memakai pencarian suara untuk menargetkan audiensinya.

Di tengah perkembangan teknologi ini, kita harus belajar juga List Building , Untuk rekomendasi List building saya sangat merekomendasikan online course dari Denny Santoso yaitu List Building Mastery, infomasi lengkap Bisa Anda cek di link berikut List Building Mastery.

Demikan informasi seputar strategi pemasaran online untuk memperluas jangkauan pasar dan konsumen Anda. Selamat mempraktikkannya untuk mengembangkan bisnis Anda agar mencapai target-target yang telah lama direncanakan!

Ingin kenal Saya lebih jauh , silahkan cek profile saya di website Saya https://bernadwp.com/cv/

Strategi Pemasaran Online untuk Meraih Pasar Lebih Efektif Read More »

Apa itu DIgital Marketing ? Mari kita mengenal Profesi ini

Di era sekarang ini , Anda tentnya pernah mendengar istilah Internet Marketing atau yang saat ini populer disebut Digital Marketing. Jika kita menilik pengertiannya, Digital markting ini adalah pemasan yang dilakukan secara online atau digital. Sementara orang yang bekerja dinamakan digital marketer. Untuk lebih lengkapnya silahkan membaca artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : Cara memenangkan persaingan secara online

Image of businessperson pointing at document in touchpad at meeting

Pengertian Digital Marketing dan Bagaimana Pekerjaannya

Setelah kita melalui pendidikan di sekolah dan mungkin sampai ke perguruan tinggi, selanjutnya kita harus mulai memikirkan masa depan kita, tentunya kita akan mulai mencari pekerjaan. Saat ini kamu hanya peru untuk mengetikan sesuatu di kolom pencarian maka apa yang kamu butuhkan akan muncul. Termasuk ketika Anda ingin mencari perkerjaan yang Anda inginkan di masa mendatang.

Dan dimasa sekarang salah satu perkerjaan yang begitu kondang di zaman digital ini adalah Digital Marketer. Secara pengertian Digital Marketing merupakan proses atau cara untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa dengan menggunakan media online. Karna dengan digital marketing bisa menjangkau pasar lebih besar secara real time, relevan dan secara personil.

Apa itu DIgital Marketing ? Mari kita mengenal Profesi ini Read More »

Inilah Alasan Kenapa , Tidak Laku Jualan di Marketplace

Halo semua, salam sukses untuk kita semua. Kembali lagi bersama saya Bernadus. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengapa ketika kita jualan di Marketplace , kebanyakan malah tidak laku. Maka dari itu mari kita bahas alasannya,

Sadar gak sih ketika Anda jualan di marketplace apa yang sebenarnya ada di benak customermu ? Rata-rata customermu ketika masuk ke sebuah marketplace, ketika mau membeli suatu produk, yang paling pertama kali mereka cari adalah yang paling murah. Alhasil toko-toko yang menjual produk yang sama dengan Anda akan berlomba-lomba untuk jual dengan harga yang paling murah supaya bisa laku.

Sedangkan kita sebagai pebisnis ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, kan ?

Bagaimana mau dapat keuntungan besar kalau jual barang terlalu murah?

Perlu berapa ribu produk yang harus dijual untuk mencapai omset impian?

Terus Anda bisa apa ? Apakah ada solusinya ? SOlusinya adalah Anda harus membangun market Anda sendiri, yaitu dengan membangun list database. Kenapa hal ini penting ?

Karena dengan Anda membangun list database, customer yang ada didalam list database-mu bisa diedukasi lebih personil dan mereka akan lebih percaya dengan Anda. Dengan membangun list database, Anda akan terbebas dari perang harga, karena Anda sudah membangun market Anda sendiri.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Online untuk Meraih Pasar Lebih Efektif

List Building penting banget dilakukan.

Dengan membuat list building Anda secara tidak langsung membuat kolam ikan dalam Bisnis Online Anda.

Coba sekarang perhatikan kebiasaan Anda dan semua orang saat momen dirumah aja seperti apa sekarnag ini ?. Semuanya sudah beralih ke dunia online bukan? , mulai mencari kebutuhan pokok lewat internet. Karna hal ini banyak pengusaha sekarang sedang berlomba-lomba untuk bisa menghasilkan uang dari internet, karena saat ini sifat market sudah berubah dari offline menjadi berpindah ke online.

Dan anyak pedagang ataupun pengusaha yang mengandalkan penghasilannya dari interaksi offline saat ini mengalami penurunanincome yang drastis. Melihat hal ini, apakah Anda mau tetap diam saja da tidak mulai menghasilkan income dari dunia online, atau Anda mau take action untuk belajar dan berkembang ?

Saya perkenalkan pada Anda Course Listbuildingmastery dari Denny Santoso. Jika Ada menunda untuk mengambil course ini sekarang, artinya Anda sedang menyia-nyiakan waktu dan kesempatan berharga ini, dimana saat ini trend bisnis online sedang booming untuk menambah penghasilan Anda.

Kalau Anda serius tidak ingin membuang waktu Anda, dengan asal ikut strategi yang belum terbukti, maka ini kesempatan terbaik Anda saat #dirumahaja (atau new normal), untuk mulai hasilkan profit dari bisnis online, menggunakan strategi Digital Marketing yang memberikan hasil nyata.

Jika Anda menunda untuk ikut, berarti Anda membuang waktu dan membiarkan kompetitor lebih maju selangkah di depan dibandingkan Anda!

Apa yang akan Anda pelajari?

List Building Mastery mencakup 20+ strategi, tutorial, dan tugas untuk Anda atau Tim Pelajari.

Semua materi disusun dalam 5 Modul Belajar berikut ini:

Chapter 1: List Building Mastery Foundation

– Niche
– 8 ways to Find Your Profitable Niche
– Ideal Customer
– Product Research
– Quick Hack

Chapter 2: Lead Magnet

– What Is Lead Magnet
– Jenis Lead Magnet
– Lead Magnet Packaging
– Designing Lead Magnet
– Uploading Lead Magnet

Chapter 3: Content Strategy

– Email Indoctrination
– Email Engagement
– Email Segmentation
– Quick Hack

Chapter 4: Set Up Your Technology

– Tribelio Registration
– Set Up Your Tribe
– Email Marketing Tool
– Special Offer for Your Lead Magnet

Chapter 5: Social Media List Building Strategy

– Using Tribelio Full Potential
– Social Media Best Practice Strategy

Siapa Yang Mengajar ?

Di dalam course ini Anda akan diajar langsung oleh Denny Santoso , beliau adalah seorang digital marketer sukses dan berprestasi. Untuk mengenal beiau lebih baik silahkan bisa mampir ke website beliau di https://dennysantoso.com/

Konsep Dasar List Building Mastery

List Building Mastery Course, berisikan semua materi, berupa modul soft-copy, framework LBM, tugas harian, dan video tutorial. Berisikan semua teknis serta strategi untuk memulai bisnis online Anda dan cara meningkatkan jumlah customer yang terbukti efektif 

Apa itu List Building Mastery Framework, adalah strategi step by step untuk Build (membangun), Automate (otomatisasi), Scale (peningkatan masif) bisnis Anda. Strategi ini sudah terbukti membantu banyak bisnis untuk tingkatkan 10X income mereka, bahkan saat bisnis tersebut masih terbilang baru.

LBM ini cocok untuk Anda yang …

  • Belum mempunyai Bisnis dan mencari ide bisnis yang menguntungkkan saat dirumah
  • Ingin Bisnisnnya Go Online
  • Online Seller
  • Anda yang meruapakan Kariyawan Profesional yang mencari tambahan penghasilan
  • Influencer yang mau membangun penghasilan
  • Siapapun yang ingin memiliki penghasilan dari rumah

Demikian Cara Memenangkan Persaingan di Bisnis Online , semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman Anda dan orang yang membutuhkan informasi ini.

Jangan Lupa subcribe website Saya untuk mendapatka informasi terupdate seputar Website, DIgital Marketing, dan Bisnis Online.

Inilah Alasan Kenapa , Tidak Laku Jualan di Marketplace Read More »